Bagaimana Merasa Hebat dalam Situasi Tekanan Tinggi Dalam Hidup -->

Bagaimana Merasa Hebat dalam Situasi Tekanan Tinggi Dalam Hidup

IFUT COY
Sunday, 23 January 2022

Ifut Coy - Bagaimana Merasa Hebat dalam Situasi Tekanan Tinggi Dalam Hidup Bayangkan Anda berada dalam situasi ini. Anda adalah pemain hoki profesional. Anda bermain di Playoff Piala Stanley. Ini adalah game yang menentukan; Anda lembur. Ada 10 detik tersisa, dan tiba-tiba, salah satu rekan tim Anda memberikan keping kepada Anda.

Apa yang akan kamu lakukan? Apakah Anda akan panik? Maukah kamu tersedak? Apakah Anda akan bangkit dan menyelamatkan hari itu?

Bagaimana perasaanmu? 

Gugup? 

Khawatir?

Bergairah? 

Percaya diri?

Lembur dalam pertandingan penentuan, 10 detik di jam ... dan semuanya terserah Anda.

Itu situasi tekanan tinggi.
Apakah Anda ingin tahu apa yang dikatakan hoki hebat sepanjang masa Wayne Gretzky ketika ditanya bagaimana perasaannya dalam situasi itu?

Wayne berkata: "Saya tinggal sepanjang musim untuk saat itu."

Bagaimana mungkin? Bagaimana mungkin berada di salah satu situasi dengan tekanan tertinggi yang bisa kita bayangkan - dengan musim di depan, tim Anda meletakkan masa depan mereka di tangan Anda, dan jutaan penggemar mengawasi setiap gerakan Anda - dan merasa senang dengan Itu?

Itu mungkin karena, pada saat itu, ada dua hal yang benar tentang Wayne Gretzky:

Dia benar-benar baik.
Dia tahu dia benar-benar baik.
Dan itulah sebabnya Wayne Gretzky bisa merasa senang berada di tengah situasi tekanan tinggi. Karena dia tahu bahwa saat itulah dia bisa bersinar paling terang.

Jadi mari kita lihat lebih dekat kedua atribut Gretzky itu, dan lihat bagaimana mereka bisa berlaku untuk Anda.

Dia benar-benar baik.

Dengan kata lain, dia memiliki kompetensi. Dia siap dengan tugas yang ada. Jadi dari mana datangnya kompetensi? Kemampuan alami? Tentu, itu mungkin bagian dari itu - tetapi penelitian menunjukkan bahwa itu hanya sebagian kecil, dan kita cenderung melebih-lebihkannya. 

Bagian kompetensi yang lebih besar berasal dari hal-hal seperti belajar, berlatih, dan pengalaman. Belajar berarti Anda terus belajar - dari kolega, dari pelatih, dari mentor, dari buku, dari video, dari keberhasilan dan kesalahan. 

Berlatih berarti mensimulasikan situasi tekanan tinggi sebelum muncul, mengasah keterampilan Anda, memainkan skenario "Bagaimana jika". Dan pengalaman berarti menempatkan diri Anda dalam situasi ini berulang-ulang, ke titik di mana "tekanan tinggi" menjadi bagian dari zona nyaman Anda.

Jadi, jika Anda tidak benar-benar hebat dalam apa yang Anda lakukan, dapatkan benar-benar baik dalam hal itu. Belajar, berlatih, dan dapatkan pengalaman yang sangat penting itu.

Dia tahu dia benar-benar baik.

Selain kompetensi, Gretzky juga memiliki kepercayaan diri. Alasan dia bisa merasa hebat dalam situasi tekanan tinggi yang mungkin melumpuhkan kita semua adalah karena dia pernah ke sana sebelumnya, dan dia tahu dia memiliki apa yang diperlukan - dia tahu dia siap menghadapi tantangan. 

Jadi ketika adrenalin mengenai, adrenalin memanifestasikan dirinya dalam kegembiraan yang menggetarkan daripada melumpuhkan ketakutan.

Dan dari mana datangnya kepercayaan ini? Itu berasal dari kompetensi. Itu berasal dari pengalaman. Itu berasal dari telah ada sebelumnya - berhasil.

"Tapi Bill," katamu, "Aku tahu orang-orang yang sangat percaya diri dengan kemampuan mereka sementara pada saat yang sama sangat tidak kompeten pada kemampuan yang sama."

Ya, tetapi sebagian besar mereka baik dilettantes atau tersentak, bukan? Dan perbedaan antara mereka dan Wayne Gretzky adalah, ketika saatnya tiba, Gretzky dapat mengirimkan barang. Dan bersenang-senang saat melakukannya!

Jadi ya, adalah mungkin untuk merasa hebat dalam situasi tekanan tinggi. Ketika Anda benar-benar baik - dan Anda tahu Anda benar-benar baik - Anda, seperti Wayne Gretzky, akan mulai melihat situasi tekanan tinggi itu sebagai peluang untuk menyinari Anda yang paling cerdas.

POPULER POST