Apa Itu Standar Kualitas ISO 9001 -->

Apa Itu Standar Kualitas ISO 9001

IFC Group
Monday, 24 January 2022

Ifut Coy - Apa Itu Standar Kualitas ISO 9001 berusaha mencari nafkah dari membantu perusahaan mencapai Sertifikasi ISO. Kadang-kadang, ada persamaan dengan menjadi menteri agama. Sekarang, saya tidak akan mengatakan bahwa menjadi ISO Consultant adalah panggilan suci dari Yang Maha Kuasa.

Tetapi dalam mencoba menafsirkan aturan dan standar dari "di atas" ke skema yang praktis dan bisa diterapkan, seperti ISO 9001, dan mengajak orang untuk merangkulnya dalam kehidupan kerja sehari-hari mereka, ada banyak kesamaan.

Dan kemudian ada kebutuhan untuk mengatasi bidat sesekali. Sederhananya, "mitos dan legenda" yang tidak benar-benar ada hubungannya dengan esensi sebenarnya dari apa itu Standar ISO. Berikut ini sepuluh di antaranya:

1. Anda dapat memberi tahu dokumen.

Sistem Kualitas / Lingkungan / Kesehatan dan Keselamatan yang baik berdasarkan berat / ketebalannya.

Tidak. "Kurang" sering "lebih", asalkan itu membuat perbedaan bagi bisnis Anda, yaitu, membantu Anda memenuhi tujuan bisnis Anda. Biasanya, sistem ringkas lebih efektif karena orang lebih cenderung membaca, memahami, dan mengikuti mereka.

2. Menerapkan sistem berbasis ISO   

Sperti ISO 9001, adalah proyek besar dan berarti Anda harus mengubah cara Anda menjalankan bisnis. Umumnya "Tidak", tetapi biasanya ada beberapa hal yang harus diubah. Semua perusahaan memiliki "proses", bahkan jika ini tidak didokumentasikan.

Sistem Manajemen Mutu Berbasis ISO yang baik harus ditulis di sekitar bagaimana Anda sudah melakukan bisnis, tidak terdiri dari praktik-praktik asing yang ditimbulkan untuk membuat Anda melalui sertifikasi.

Bisnis Anda unik, dan sistem ISO perlu didasarkan pada keunikan itu, melindungi, memelihara, dan membantunya tumbuh. Singkatnya, tujuannya adalah untuk mendukung dan memformalkan bagian-bagian bagus dari apa yang sudah Anda lakukan dengan baik, daripada memaksakan birokrasi yang tidak sesuai.

3. Manajer Kualitas Lingkungan Kesehatan dan Keselamatan.

bertanggung jawab atas Kualitas / Lingkungan / Kesehatan dan Keselamatan, dan hidup di dunia mereka sendiri. Sementara itu, kita semua melanjutkan menjalankan bisnis dengan menguntungkan.

Tidak. Ini mungkin dapat diterima jika kita hidup di dunia tanpa denda karena melanggar hukum, dan kecelakaan tidak pernah terjadi. Namun, dalam bidang ini ada implikasi yang sangat serius untuk ketidakpatuhan.

Jadi idealnya, tidak boleh ada orang di organisasi yang operasinya tidak terpengaruh oleh mereka. Di perusahaan yang sukses, dengan sistem ISO yang dirancang dengan baik, tidak seorang pun harus dapat memperhatikan bahwa mereka benar-benar bekerja dengan standar - mereka harus benar-benar menjadi bagian dari "bisnis seperti biasa". Lebih aman (dan lebih murah) seperti itu.

4. Semua sistem ku

alitas ini hanyalah.

birokrasi pemerintah dan tidak melakukan apa pun untuk bisnis,Ini terkait erat dengan mitos tiga (di atas) Meskipun didukung oleh pemerintah internasional, standar yang berfokus pada bisnis yang ditulis dengan baik akan membantu, bukan menghambat perusahaan.

Sistem Manajemen Mutu yang baik harus membantu Anda menjadi lebih efisien dan secara konsisten memenuhi persyaratan pelanggan Anda, sistem kesehatan dan keselamatan lingkungan, meskipun melindungi staf dan lingkungan Anda, juga harus membantu Anda menghindari denda besar, beberapa di antaranya bisa cukup besar untuk mengancam keseluruhan.

masa depan bisnis Anda. Diimplementasikan dengan benar, mereka harus mengarah pada pelanggan yang puas, aktivitas yang lebih efisien, dan bisnis yang lebih baik.

5. Sistem kualitas sebenarnya hanya tentang mengendalikan dokumen.

Karena itu, jika ragu, tandatangani semuanya.
Mungkin di masa lalu, sistem kualitas khususnya terlalu fokus pada dokumentasi. Tetapi perubahan selama 10-15 tahun terakhir telah mengarahkan mereka lebih banyak pada peningkatan efektivitas dan efisiensi.

Yang mengatakan, kontrol informasi dalam suatu bisnis tetap penting, dan untuk alasan yang baik. Anda tidak dapat mengelola tanpa dokumentasi, tetapi harus melayani bisnis, bukan bisnis yang menyajikannya.

6. Kita dapat menyembunyikan area masalah kita.

Jika Anda mengelola auditor dengan benar, Anda dapat menyimpannya di kantor Manajer Kualitas sepanjang hari.

Menjadi pintar dengan auditor dan menjauhkan mereka dari masalah mungkin merupakan taktik yang licik dan berguna dalam jangka pendek. Tetapi jika sistem Anda benar-benar bagus, maka Anda seharusnya tidak memiliki masalah yang tidak Anda tangani.

Namun, jika Anda memiliki area yang lemah, maka kejujuran adalah kebijakan terbaik. Jika Anda mengambil tindakan untuk meningkatkan hal-hal, maka auditor harus merespons secara positif, dan membiarkan mereka melihat apa yang Anda lakukan dapat menjadi positif karena dua alasan.

Pertama, mereka tahu Anda berkomitmen untuk perbaikan.

Kedua, setelah melihat banyak situasi serupa sebelumnya, mereka sebenarnya dapat memberikan saran. Ini adalah pendekatan "auditor sebagai konsultan peningkatan bisnis", dan sangat efektif.

7. Selalu terbaik untuk tutup mulut dan hanya memberikan informasi minimum kepada auditor.


Ya, tetapi jangan berharap untuk mendapatkan banyak dari audit jika Anda tidak memasukkan banyak. Buat beberapa kata lagi!

8. Auditor hanya mencari alasan untuk mengecewakan.

Lucunya, dalam pengalaman lebih dari 20 tahun di lingkungan ini saya jarang menemukan auditor yang hanya ingin membuat orang gagal.

Ini adalah pekerjaan mereka, hari demi hari, hari-hari, dan sangat sedikit orang yang bisa begitu negatif begitu lama.

Namun, jika Anda benar-benar tidak cocok dengan auditor Anda, ubahlah dia. Jika lembaga sertifikasi tidak membantu dengan ini, maka ubah juga. Ada sekitar 120 lembaga sertifikasi di Inggris sehingga Anda memiliki banyak pilihan, dan mereka semua sangat ramah kepada orang-orang yang berubah dari pesaing mereka, sehingga Anda bahkan mungkin menemukan alternatif biaya yang lebih rendah.

9. Sistem lingkungan hanya menambah biaya operasi.

Sistem Manajemen Lingkungan (EMS), seperti ISO 14001, tidak boleh tentang pelukan pohon dan cinta untuk hewan berbulu kecil. Ini bukan lagi alat pemasaran "ramah untuk memiliki" ramah PR, tetapi harus masuk akal secara bisnis. Dan mengapa?

Melanggar hukum lingkungan kini memiliki konsekuensi yang sangat mahal, dan bahkan mungkin cukup untuk mendorong Anda ke likuidasi. Ketidaktahuan tentang undang-undang yang memengaruhi operasi Anda bukanlah pertahanan, sehingga memiliki sistem lingkungan yang baik yang dikelola dengan baik akan membuat bisnis Anda tetap sah, dan Anda keluar dari penjara. Ya, dan saya benar-benar bermaksud "penjara"

10. Jika anda mendapatkan satu set penilaian risiko yang ditulis dengan baik.

maka Anda telah memenuhi persyaratan Kesehatan dan Keselamatan Anda, dan staf dapat melanjutkan seperti biasa dengan pekerjaan sehari-hari mereka.

Sistem kesehatan dan keselamatan sekarang menjadi komoditas seperti kebanyakan hal lainnya. Jika Anda hanya menginginkan beberapa penilaian risiko maka Anda dapat membelinya. Tetapi nilai dari sistem semacam itu ada di dalamnya diterapkan pada kehidupan bisnis nyata.

Apakah Anda benar-benar ingin staf Anda mengetuk lubang di dinding tanpa memeriksa apakah ada kabel listrik yang tersembunyi di plester, atau mengendarai truk stacker tanpa dilatih? Kesehatan dan Keselamatan bukan masalah dokumentasi, itu harus menjadi masalah praktik, meskipun dokumentasi dan catatan, sayangnya, diperlukan.

Jika Anda sudah membaca sejauh ini, maka Anda punya ide bagus tentang bagaimana saya bekerja, dan sesuatu dari tantangan menjadi Konsultan ISO. Ada seni dalam menjaga kepatuhan dan kesuksesan bisnis dalam ketegangan, yang melibatkan sejumlah besar pemahaman teknis dan akal sehat.

Setelah lebih dari dua puluh tahun di industri ini, dan setelah menasihati banyak jenis dan "rasa" perusahaan, saya masih belajar.

Dan masih dikejutkan oleh mitos dan legenda
Jika Anda menemukan keseluruhan masalah Standar Kualitas ISO membingungkan, tidak relevan, dan berpotensi mahal, maka kami mungkin dapat membantu. ISO Consultants adalah organisasi independen yang berbasis di Nottingham UK, dipimpin oleh mantan penilai ISO dengan lebih dari dua puluh tahun bekerja di industri ini.

Dia memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam membantu perusahaan memperoleh akreditasi ISO dengan cepat, mudah, dan dengan manfaat signifikan bagi kehidupan bisnis sehari-hari. Pendekatan unik, tanpa basa-basi telah membuktikan perubahan yang menyegarkan bagi banyak klien, yang mencakup berbagai industri.

POPULER POST