8 Kesalahan yang Harus di Hindari Usaha Kecil -->

8 Kesalahan yang Harus di Hindari Usaha Kecil

IFUT COY
Sunday, 9 January 2022

Ifut Coy - 8 Kesalahan yang Harus dihindari Usaha Kecil sering dianggap sebagai tugas biasa yang tidak perlu dilakukan dengan perhatian penuh. Itu benar, tetapi itu adalah bagian penting dari bisnis yang penting untuk mempertahankan arus kas positif. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus menyadari bahwa tugas Anda tidak berakhir hanya dengan mengirim faktur.

Otomatisasi berbagai tugas dengan penggunaan perangkat lunak akuntansi online akan membebani Anda dan membantu Anda mengelola faktur dengan cara yang paling produktif, untuk memastikan Anda mendapatkan uang tepat waktu, berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari.

1. Penundaan

Sebagai pemilik bisnis, bisa jadi sangat sulit untuk mengelola berbagai tugas tepat waktu. Bukan hal yang aneh jika sebuah tugas kecil seperti faktur menyelinap, atau Anda mungkin berpikir bahwa klien atau pelanggan reguler akan tetap melakukan pembayaran dan mendorong tugas ke depan

Tapi Anda perlu ingat, bahwa faktur adalah tanggung jawab Anda. Seseorang harus menjadikannya prioritas dan mengirim faktur segera setelah pekerjaan selesai. Menurut sebuah survei, ketika Anda menagih pada hari yang sama dengan penyelesaian pekerjaan, Anda 1,5 kali lebih mungkin untuk dibayar tepat waktu.

2. Faktur Tertunda

Sekarang setelah Anda memprioritaskan untuk mengirim faktur, sangat mungkin klien melewatkan tanggal jatuh tempo, salah menempatkan faktur, atau lupa tentang itu. Anda dan tim Anda harus bertanggung jawab untuk mendapatkan pembayaran tepat waktu, jadi proaktif dalam mengirim pengingat dan segera menghubungi klien jika mereka melewatkan tanggal pembayaran mereka.

Dalam kasus yang jarang terjadi ketika Anda berhadapan dengan klien yang sangat tidak responsif, tindakan ekstrem dapat diambil. Sebuah kasus dapat diajukan di pengadilan klaim kecil, atau jika keadaan semakin memburuk, Anda dapat menyewa agen penagihan untuk mendapatkan pembayaran Anda.

3. Ketentuan yang Tidak Terdefinisi

Kesepakatan bisnis harus selalu memiliki ketentuan yang jelas yang digunakan, jika ada perbedaan. Jangan pernah menggunakan bahasa yang tidak jelas dalam faktur, tentukan persyaratan Anda dan konsekuensi yang timbul jika persyaratan itu tidak terpenuhi. Tetapi jangan mendefinisikan istilah yang panjang dan tidak realistis yang dapat menghambat hubungan bisnis.

Untuk menciptakan situasi yang ideal, tandatangani kontrak sederhana dengan klien Anda yang akan melindungi kepentingan kedua belah pihak. Bawa ini ke dalam praktik dan Anda akan meringankan banyak pekerjaan Anda. Minta pengacara Anda untuk mencatat perjanjian Anda dan membuatnya resmi.

4. Detail itu Penting


Perhatian yang tepat harus diberikan pada perincian sehingga kesalahan kecil dapat dihindari. Periksa dengan klien Anda kepada siapa untuk mengirim faktur dan menyusun surat sesuai. Menagih individu atau departemen yang berbeda dapat menciptakan banyak miskomunikasi dan membuang waktu berharga Anda.

Faktur Harus Ada Salad Perincian :

1.Nama perusahaan resmi, alamat kantor dan nomor kontak

2.Nama dan alamat klien

3.Nomor dan tanggal faktur

4.Tanggal jatuh tempo pembayaran

5.Nomor pajak atau nomor lisensi, sesuai permintaan pemerintah

6.Syarat pembayaran

7.Daftar produk atau layanan

8.Jumlah total yang harus dibayar?

5. Backup Data

Di zaman teknologi ini, tampaknya tidak bijaksana untuk tidak memanfaatkannya. Buat cadangan rutin kwitansi Anda di cloud, sehingga Anda memiliki soft copy untuk dijadikan rujukan, bahkan jika Anda kehilangan salinannya. Gunakan aplikasi seperti cloud Quickbooks untuk melacak data Anda dan mengaktifkan akses jarak jauh ke laporan keuangan Anda.

6. Branding dan Format

Penelitian telah menunjukkan bahwa faktur 3 kali lebih mungkin dibayar jika ada logo dan nama perusahaan yang tepat. Hal-hal kecil ini menunjukkan bahwa Anda adalah profesional dan menciptakan citra eksekutif Anda di atas yang lain.

Juga, hal yang sama terjadi pada pengeditan yang buruk dan format faktur. Kesalahan pengejaan, jumlah yang salah, font yang tidak bisa dipahami, semua kesalahan ini tidak boleh dilakukan. Periksa faktur Anda sebelum mengirimnya.

7. Fleksibilitas dan Pembayaran

Anda telah mengatur persyaratan pembayaran Anda, terlaksana dengan baik. Tetapi menjadi seorang pengusaha tidak berarti Anda harus bersikap keras terhadap aturan. Berpegang teguh pada mereka itu penting, tetapi kadang-kadang, Anda dapat menawarkan sedikit ruang gerak, atas permintaan klien.

Dalam hal pembayaran, Anda harus menawarkan opsi untuk metode pembayaran yang aman untuk kenyamanan klien Anda, dan alur kerja yang efisien untuk Anda dan mereka.

8. Sopan Santun

Bersikap sopan adalah hal terpenting untuk menjalankan bisnis yang sukses. Menambahkan 'tolong' dan 'terima kasih' ke nada, surel, dan bahkan faktur Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk dibayar sebesar 5 persen. Ini juga akan meningkatkan citra merek Anda.

Dengan kemajuan teknologi yang cepat dan integrasinya dalam industri akuntansi, penggunaan aplikasi canggih seperti Quick Books berbasis cloud sangat membantu. Ini merampingkan alur kerja dan membantu melacak uang masuk dan keluar. Ingatlah hal-hal ini untuk mendapatkan pembayaran tepat waktu dari klien.

POPULER POST